Rabu, 08 Februari 2017

Mengatur Tata Letak Rumah


Rumah adalah sebuah wadah tempat interaksi antara penghuninya, sehingga dalam pengaturanya memerlukan perencanaan tata letak ruang yang saling berkaitan satu sama lain. Pembagian ruang yang satu dengan yang lainnya seyogyanya disesuaikan dengan aktifitas yang dilakukan oleh penghuni rumah tersebut. Tentunya tidak akan pas apabila kita membuat sebuah studio musik dalam rumah kita apabila ternyata penghuni rumah tersebut tidak menyukai bermain musik.Apabila penghuni rumah menyukai kegiatan memasak, maka tidak ada salahnya ruang dapur di buat agak luas sehingga dapat menunjang hobi yang dimiliki. 

Pembagian ruang di dalam rumah pada umumnya terdiri dari ruang tamu, ruang keluarga, dapur, ruang makan, kamar mandi dan kamar tidur. Bagi yang memiliki lahan berlebih dapat pula ditambah ruang lain sesuai dengan kebutuhan, seperti misalnya ruang belajar/ bekerja, perpustakaan, mushola, dll, apabila lahan yang ada dirasa sempit maka bangunan vertikal sangat disarankan. Selain itu penggunaan ruang untuk beberapa aktivitas juga dapat dilakukan dengan syarat tidak mengganggu satu sama lain.

Selain ruang sebagai wadah aktivitas, tidak kalah pentingnya yaitu melakukan perencanaan untuk pengaturan sirkulasi penghuni rumah. Pada umunya ruang tamu terletak di depan sesuai dengan fungsinya sebagai tempat menerima tamu. Sedangkan ruang keluarga dapat di tempatkan di tengah sehingga ruang tersebut dapat di akses dengan mudah dari ruang manapun didalam rumah. Dalam menempatkan ruang - ruang tersebut yang harus diperhatikan juga adalah pencahayaan matahari dan sirkulasi udara yang memadai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar