Jumat, 17 Maret 2017

Membangun Rumah Secara Bertahap



Membangun rumah secara bertahap atau dikenal dengan konsep rumah tumbuh, adalah suatu cara untuk mengembangkan rumah dalam beberapa tahap pembanguan atau dengan kata lain membangun dengan menyisakan lahan untuk di kembangkan. Konsep ini cocok untuk pembeli rumah pertama (first buyer), lajang ataupun rumah tangga baru yang membutuhkan tambahan ruang untuk beberapa tahun kedepan, misalnya ketika mendapat anggota keluarga baru. Selain itu dengan konsep rumah tumbuh maka biaya pembangunan rumah menjadi relatif tidak terlalu besar, sehingga dapat di alokasikan untuk kepentingan lainnya.

Dalam menerapkan konsep rumah tumbuh, yang perlu di perhatikan adalah kita seharusnya telah memiliki desain rumah secara keseluruhan. Dari desain tersebut kita akan membagi pengembangan rumah ke dalam beberapa tahapan yang berkesinambungan. Selain secara horizontal pengembangan rumah dapat juga dilakukan secara vertikal, tentunya dengan mempertimbangkan struktur rumah seperti ukuran kolom, sloof, pondasi, dll.

Konsep rumah tumbuh tidak hanya diterapkan pada rumah yang dibangun sendiri, namun saat ini   telah banyak pengembang perumahan yang telah menerapkannya. Biasanya pengembang menawarkan unit dengan bangunan yang tidak terlalu besar, namun keuntungan yang kita dapatkan adalah lahan yang cukup luas untuk pengembangan selanjutnya. Bahkan saat ini telah banyak perumahan dapat didesain sesuai permintaan sehingga konsep rumah tumbuh secara maksimal dapat kita masukkan di dalamnya.

Denah di bawah ini adalah contoh rumah yang dikembangkan dengan konsep rumah tumbuh yang saya ambil dari website. Denah asal berupa rumah satu lantai dengan luas 36 m² yang kembangkan menjadi rumah dua lantai dengan luas 70 m². Berdasarkan denah tersebut dapat dilihat bahwa rumah tumbuh tidak menjadikan taman sebagai bagian untuk pengembangan rumah. Dalam menerapkan konsep rumah tumbuh seyogyanya dengan memperhatikan faktor estetika sehingga tidak mengurangi keindahan arsitektur rumah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar